a. Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart ialah urutan langkah-langkah penyelesaian suatu permasalahan secara sistematis dan logis dengan menggunakan gambar-gambar atau simbol-simbol.
Flowchart sebenarnya sama saja dengan algoritma, namun dalam flowchart kita menggunakan simbol-simbol utuk menentukan bagian apa langkah tersebut, apakah bagian input/output, process, dan lain sebagainya dengan bahasa didalamnya yang lebih singkat. Berikut ini adalah simbol-simbol dalam flowchart :
Simbol | Nama | Fungsi |
Input/Output | Digunakan untuk mewakili proses keluar masuknya informasi pada sistem. | |
Process | Digunakan untuk menunjukkan aktifitas utama/ proses pada sistem. | |
Terminator | Digunakan untuk menunjukkan awal mulai dan akhir dari kegiatan. | |
Decision | Digunakan untuk mewakili proses keputusan yang dilakukan dalam sistem. | |
Conector | Sebagai penghubung bila flowchart terpotong dan masih mempunyai sambungan. | |
Preparation | Proses Inisialisasi atau pemberian harga awal | |
FlowLine | Menunjukan bagian arah instruksi dijalankan. |
Pembuatan Flowchart
· Tidak adanya kaidah yang baku
· Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
· Flowchart dapat bervariasi antara 1 pemrograman dengan pemrograman lain
· Secara garis besar ada 3 bagian utama : Input, Proces, Output.
· Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
· Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
Contoh Pembuatan Flowchart
Tag :
Materi sekolah,
Pemrograman dasar
0 Komentar untuk "Flow Chart"