Berbagi Artikel-Artikel Unik Dan Bermutu

Blog Archive

Copyright © 2015 Artikel TopNews | . Powered by Blogger.

Labels

ads3

tag

Top Artikel

ads2

ads

iklan

6 Tips Dan Trick Untuk Mengoptimasi Blog

7 Cara Untuk Mengoptimasi Blog - Kali ini saya mau memberikan Tips n Trick yang mungkin sebagian para blogger butuhkan. Mungkin untuk para blogger yang sudah berpengalaman sudah tau Cara Mengoptimasi Blog.

Namun tidak ada salahnya kalau saya berbagi tips dan trick ini untuk yang belum tau cara optimasi blog, sebenarnya banyak sekali yang harus kita lakukan untuk mengoptimasikan blog kita namun berhubung saya masih belajar juga, jadi saya akan share setaunya saya saja.

Berikut ada 7 Daftar Optimasi Blog :

  • Tampilan Blog
  • Header Blog
  • Posting Secara Rutin
  • Ping
  • Widget
  • Valid HTML5
  • Blogwalking


#1 Tampilan Blog

Cara optimasi blog dengan tampilan blog, apakah tampilan/design blog mempengaruhi dalam optimasi ? mungkin itu yang menjadi pertanyaan sobat blogger, tampilan blog yang bagus dan menarik adalah salah satu optimasi yang dapat meningkatkan pengunjung ke dalam blog, tampilan ini harus sesuai dengan tema yang akan diangkat dan dibahas dalam isi blog kita. Tapi, yang harus kita ingat adalah jangan memakai template yang berat dan terlalu banyak coding. Karena template yang berat itu bisa memperlambat loading blog kita

Banyak ragam template free yang dapat sobat gunakan untuk mempercantik tampilan blog, baik template dari default domain kita ini  hingga template yang disediakn oleh orang lain, jika sobat menggunakan template bawaan blogspot tentunya template blog sobat masih standar, ada banyak sekali template  gratis yang disediakan di dunia maya ini,  cara optimasi tampilan blog ini ada dua cara :

  1. Design Template sendiri dengan menggunakan fasilitas Blogger Design Template   
  2. Jika ingin mendownload template, carilah yang SEO Friendly

Itulah salah satu cara untuk mengoptimasi tampilan blog

#2 Header Blog

Optimasi header blog, tahukah sobat jika blog diibaratkan sebuah buku, maka header blog di ibaratkan dengan jilid buku yang bisa mewakili isi dari suatu buku, begitu pula dengan Header Blog yaitu mewakili isi dari suatu blog, tampilan header yang menarik atau setidaknya menunjukan suatu identitas dari isi konten suatu blog akan dapat membantu pengunjung mengenali apa isi yang dimaksud.

Sehingga setelah pengunjung melihat tampilan header akan langsung mengerti konten yang ada di dalam blog sobat, untuk membuat tampilan header pada blog memang perlu sedikit keahlian dalam bidang desain Grafis, seperti Adobe Photoshop , Corel Draw, Gimp dan yang lainnnya. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menghapus judul blog, karena itu bisa membuat blog menjadi tidak seo.

#3 Posting Secara Rutin

Jika kita ingin mengoptimasi blog, kita bisa mengoptimasinya menggunakan postingan. Pasti untuk para blogger yang masih pelajar seperti saya itu jarang memposting artikel, dikarenakan kesibukan disekolah maupun pelajaran. Tapi, kita harus memposting Artikel minimal 2 Artikel per hari. Dan, jika kita tidak punya waktu untuk memposting keesokan harinya, kita bisa membuat Artikel yang nanti akan diposting secara otomatis menurut Jadwal yang kita setting.

Cara untuk menyetting jadwal pada postingan :
  [+] Buatlah Artikel yang akan diberi jadwal
  [+] Pada bagian kanan, Klik Jadwal lalu pilih Setel tanggal dan waktu
  [+] Atur tanggal dan waktu artikel akan dipost otomatis

Itulah sedikit tips dan trick untuk mengoptimasi blog dengan Postingan/Artikel

#4 Ping

Ping adalah sebuah tools atau alat yang dapat sobat gunakan mempromosikan blog ke banyak service yang ada di dunia internet. Jika ping di analogikan sebagai speker pengumuman di keluarahan, maka setiap RT dapat mendengar pengumumam yang dilakukan oleh speaker di kelurahan, jadi jika di dalam dunia blog pengumuman dapat diartikan adalah konten artikel yang ada di dalam blog, dan setiap RT diartikan sebagai web services yang menerima pengumuman.

Sobat sudah mengertikan dengan maksud kata diatas? Kesimpulannya ping services adalah sebuah tools yang dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah konten web/blog di dalam dunia internet. banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk melakukan ping diantaranya :
google ping
ping omatic
pingates
Ping Service

Sobat bisa menggunakan layanan ping diatas, atau bisa mencari layanan ping di google

#5 Widget

Jangan memasang widget terlalu banyak dan yang bisa membuat loading blog menjadi berat. Jika ingin memasang widget, pasanglah widget yang berguna dan widget yang lebih SEO Friendly. Usahakan jangan terlalu banyak memakai iframe pada blog, karena iframe juga dapat membuat blog tidak teroptimasi/tidak seo firendly.

#6 Valid HTML5

Mungkin sebagian blogger yang masih belajar seperti saya sulit untuk membuat blog menjadi Valid HTML5. Tapi, blog yang valid html5 mempunyai banyak keunggulan, sobat bisa baca artikel Manfaat Valid HTML5 Untuk Blog Atau Web.

Jika masih kurang paham untuk membuat blog menjadi Valid HTML5, sobat bisa baca artikel Cara Membuat Blog Valid HTML5. Itulah sedikit Tips dan Trick untuk mengoptimasi blog dengan Valid HTML5

#7 Blogwalking

Blogwalking adalah suatu optimasi blog yang sering dugunakan, sobat dapat berkunjung dari blog satu ke blog lainnya dengan memberikan komentar ke dalam blog yang sobat kunjungi. Untuk sebagian besar para blogger sudah mengetahui blogwalking. Karena blogwalking banyak sekali manfaatnya untuk blog kita. Dengan blogwalking, kita juga bisa mendapatkan Backlink. Dengan meninggalkan suatu jejak atau link blog milik sobat agar blog sobat yang kunjungi dapat kembali mengunjungi blog sobat.Tapi ingat komentar kita tidak berbau spam,berkomentarlah sesuai artikel blog tersebut.

Untuk memilih blog atau web yang akan dipakai untuk blogwalking, saya sarankan untuk memilih blog atau web yang mempunyai Traffic tinggi, Mempunyai Pagerank, Alexa dibawah 5 juta, yang sudah Terkenal/Sering Dibicarakan, dan bisa juga mencari blog-blog yang sejenis dengan konten yang ada di dalam blog yang sobat buat. Sobat bisa  menggunakan Google (Search Engine) untuk melakukan pencarian, selain itu sobat juga dapat mengunjungi layanan Direktory blog, misalkan Blog Catalog, Technorati, Topofblogs, Blogtopsite, dan direktori blog yang lainnya.

Saya juga akan memberikan sedikit Tips Berkomentar yang baik dan benar :
Dalam memberikan komentar gunakanlah bahasa yang sesuai dengan bahasan isi/konten blog.

  1. Kunjungi Blog yang mempunyai konten sama
  2. Jangan melakukan Spaming
  3. Berikan kalimat referensi saja jangan kalimat kalimat promosi
  4. Yang penting sertakan Link URL artikel sobat yang berhubungan dengan isi artikel yang sobat kunjungi.


Sekian Tips Dan Trick Untuk Mengoptimasi Blog yang bisa saya berikan. Terima Kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk semua orang.
0 Komentar untuk "6 Tips Dan Trick Untuk Mengoptimasi Blog"
Back To Top