Berbagi Artikel-Artikel Unik Dan Bermutu

Blog Archive

Copyright © 2015 Artikel TopNews | . Powered by Blogger.

Labels

ads3

tag

Top Artikel

ads2

ads

iklan

Perbedaan Statistik Pagviews, Visitors Dan Unique Visitors

Perbedaan Statistik Pagviews, Visitors Dan Unique Visitors

Perbedaan Statistik Pagviews, Visitors Dan Unique Visitors - Sobat blogger pasti sudah mendengar istilah Pagview, Visitor Dan Unique Visitor dalam sebuah blog. Pagview, Visitor dan Unique Visitor itu tidak mempunyai arti/makna yang sama. Disini saya akan mencoba menjelaskannya untuk para sobat blogger yang belum tau perbedaan/arti dari kata tersebut. Bukannya saya sok tau, tapi saya mencoba share pengalaman saya kepada kalian.

Pageview bisa sobat lihat di statistik blog sobat, atau di sparklink blog sobat jika sobat memasangnya. Sparlink itu bukanlah pengunjung !!! Melainkan pageview. Saya dulu juga sempat mengira bahwa sparlink adalah visitor, tetapi setelah saya mengenal Histats dan Google Analytics, ternyata dugaan saya selama ini salah. Pageview pasti lebih banyak dari pada visitor. Tidak mungkin Visitor lebih banyak dari pada pageview.

Pengertian Pageviews

Pageview adalah Halaman yang sedang dilihat oleh pengunjung. Seperti pengertian di atas, 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 posting di blog sobat, maka pageview akan bertambah 5, tetapi Visitor masih tetap 1. Semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan sobat mendapatkan Pageview yang banyak.

‘Pageview’ (jumlah halaman) di program AWStats didefinisikan sebagai hit terhadap file berekstensi teks seperti HTML, TXT, dan lain-lain yang berhasil (kode respon 200). Antara satu program statistik/server hosting dan program/server lain bisa saja berbeda karena definisi persis pageview dan settingnya bisa berbeda. Jadi ketika membandingkan dua data pageview, perlu mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.

Pengertian Visitors

Visitor atau pengunjung yang sedang membuka blog kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena nyasar, atau kebetulan. Setiap 1 pengunjung pasti sudah ada 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 pengunjung tersebut tertarik dengan artikel-artikel yang ada di blog sobat, maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Maka buatlah blog sobat semenarik mungkin, agar setiap penunjung tidak hanya singgah sesaat, melainkan singgah sambil jalan-jalan di blog sobat.

‘Visits’ (kunjungan) di program AWStats didefinisikan sebagai ‘request’ oleh klien dengan alamat IP dan browser yang sama dalam rentang waktu 30 menit. Misalnya seorang pengunjung mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu halaman lain di menit ke-20, dan halaman lain lagi di menit ke-40. Maka ketiga ‘request’ (hit) ini dianggap satu visit yang sama karena semuanya terjadi dalam rentang di bawah 30 menit.

Namun jika seorang pengunjung lain mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu baru mengakses lagi di menit 35, maka kedua hit ini akan dianggap dua buah visit yang berbeda.

‘Visits’ merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak kunjungan yang dilakukan terhadap website Anda. Karena kunjungan memang merupakan sesuatu yang sulit didefinisikan secara eksak, karena kebiasaan browsing orang yang berbeda-beda. Bisa saja seseorang membuka website Anda lalu mengklak-klik beberapa halaman selama beberapa menit, lalu menutupnya. Satu kunjungan yang jelas.

Tapi bisa juga seseorang lain membuka website Anda, lalu membuka window atau program lain dan bekerja selama beberapa jam, baru kembali lagi ke browser yang tadi belum tertutup. Satu kunjungan atau dua? Belum lagi cara-cara browsing lain yang berbeda. Log web-server tidak mencatat ‘cookie’, sehingga sesi kunjungan tidak dapat dideteksi dengan jelas. Karena itulah digunakan perhitungan pendekatan yang cukup umum yaitu selang waktu 30 menit.

Pengertian Unique Visitors

Seorang unique visitor (pengunjung unik) adalah statistik yang menggambarkan unit lalu lintas ke situs Web, menghitung setiap pengunjung hanya sekali dalam jangka waktu laporan. Statistik ini relevan dengan situs penerbit dan pengiklan sebagai ukuran ukuran yang benar audiens situs, setara dengan istilah " Reach ( mencapai ) "digunakan di media lainnya.

Jumlah Kunjungan Total ke situs dibagi dengan hasil Pengunjung Unik dalam statistik turunan "Rata-rata Per Sesi Pengunjung Unik" yang menceritakan seorang penerbit berapa banyak setiap kali Pengunjung unik datang ke situs mereka rata-rata dalam jangka waktu laporan. Rata-rata Per Sesi Pengunjung Unik adalah setara dengan "Frekuensi"digunakan di media lainnya.

Beberapa file log produk perangkat lunak analisis menghitung proxy untuk Pengunjung Unik dengan menghitung jumlah pengunjung dari unik alamat IP. Banyak log file produk analisis juga menggunakan proxy untuk Pengunjung Unik di mana mereka menghitung pengunjung beberapa dari Alamat IP yang sama jika mereka tidak mengunjungi situs dalam waktu 30 menit jendela yang sama. Ini hasil statistik dalam jumlah yang lebih tinggi daripada menghitung alamat IP yang unik, tetapi tidak setara dengan Pengunjung Unik karena tidak ada jaminan bahwa pengunjung dari yang sama Alamat IP di luar jendela 30 menit adalah pengunjung yang berbeda dari sebelumnya dalam Pengunjung jendela .

Sekian informasi yang bisa saya berikan. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa membuat sobat membedakan Pageviews, Visitors Dan Unique Visitors di blog sobat.
0 Komentar untuk "Perbedaan Statistik Pagviews, Visitors Dan Unique Visitors"
Back To Top